Proses ETL Pada 10.000 Record Data

Sunday, July 1, 2012 0 comments
Oia beberapa bulan yang lalu saya sempat dapat tugas dari dosen data mining,
berikut ini adalah studi kasus-nya :

PT. Melaju Jaya merupakan perusahaan penjualan sepeda yang memiliki 50 kantor cabang tersebar di berbagai wilayah. Perusaahan tsb. telah memiliki data history customer-nya yang telah melakukan traksaksi pembelian sepeda berupa relational database Acces yang terdiri dari tabel Customer, tabel Region, tabel Occupation, tabel Education, dan tabel-tabel lainnya.

Manajemen ingin membuat suatu formulasi agar penjualan sepeda makin meningkat. Salah satu upayanya adalah melakukan analisa terhadap data history yang ada. Langkah awal adalah menyatukan semua data transaksi Customer, meng-ektraks tabel-tabel yang diperlukan, dilanjutkan  dengan melakukan tranformasi terhadap isi field tertentu menjadi standar sesuai ketentuan dan mudah dipahami.

Manajer IT PT.Melaju Jaya mengambil langkah dengan melakukan mapping agar DBA mudah melakukan proses ETL. Langkah-langkah tersebut antara lain:

1.  Analisa tabel-tabel dan relasinya, sbb :

2.  Merumuskan transformasi field-field yang diperlukan, sbb:










Assigment:
Berdasarkan narasi diatas, kami selaku DBA diminta melakukan proses ETL sesuai yg diinginkan atasan anda (manajer IT). Asumsikan sumber data berasal dari berbagai cabang yg telah disatukansehingga seluruhnya mencapai 10.000 record. Sumber data berasal dari database MS. Acces (akandiemailkan beserta tugas ini), selanjutnya Anda diminta membuat data dalam bentuk csv.

Berikut ini adalah Tutorial yang saya buat : Tutorial Table Customers

Berikut ini adalah .mdb dan .csv :



0 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2012 lemonnine-inc | TNB